Selasa, 28 Juli 2015



Kaliamantan Tengah

Kalimantan Tengah merupakan provinsi terbesar di pulau Kalimantan, luasnya sekitar 253.800 km/segi dimana sebagian besar wilyah nya adalah hutan. Kalimantan Tengah memiliki posisi geografisnya yang cukup strategis, berhadapan langsung dengan Laut Jawa dan berbatasan dengan provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur.
Orang utan merupakan hewan yang masih dapat di jumpai di Kalimantan Tengah khususnya Taman Nasional Tanjung Puting. Disini juga terdapat hewan lain seperti beruang,landak,owa-owa,beruk,kera,bekntan,trenggiling dan lain-lain.
Kalimantan Tengah mempunyai pengalaman yang      mengesankan berwiata alam,budaya,seni, dan wisata kuliner. Bahasa daerah di Kalimantan Tengah terdiri dari puluhan, bahkan ratusan bahasa dayak. .https://antoys.files.wordpress.com/2010/06/taribawikuwu-kalteng.jpg
  • Rumah Adat
Suku Dayak dikenal dengan "Rumah Betang" sebuah rumah besar yang di huni beberapa keluarga sekaligus secara turun-temurun. Karena Itulah kekerabatan mereka sangat erat dan menjadi unsur dominan keberlangsungan kebudayaan unik.https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/b/b8/Rumah-adat-kalimantan-tengah-kalteng-Rumah-betang-kalimantan-tengah-kalteng-pontianak-suku-dayak.jpg
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/b/b8/Rumah-adat-kalimantan-tengah-kalteng-Rumah-betang-kalimantan-tengah-kalteng-pontianak-suku-dayak.jpg


  • Pakaian Adat
Pakaian adat pria Kaliamantan Tengah berupa kepala berhiaskan bulu-bulu enggang, rompi dan kain-kain yang menutup bagian bawah badan sebatas lutut. Sebuah tameng kayu hiasan yang khas bersama mandaunya berada di tangan. Perhiasan yang di pakai berupa kalung-kalung manik dan ikat pinggang. Wanitanya memakai baju rompi dan kain (rok pendek), tutup kepala berhiaskan bulu-bulu enggang, kalung manik, ikat pinggang dan beberapa gelang tangan.
http://www.hadisukirno.co.id/images/produk/Adat-7.jpg
http://www.hadisukirno.co.id/images/produk/Adat-7.jpg
 
  •  Kuliner

Kuliner makanan palngkaraya itu didominas oleh maskan khas Banjr dan khas Dayak, selain ada juga olahan masakan khas Jawa. Menu khas Dayak yang terkenal yaitu umbut rotan dan daun sngkong bersantan. Di Palangkaraya kuliner berbahan ikan rawa seperti gabus, tauman,mihau,kihung,kerandang, sepat siam, patung, biawan, pepuyu, sepat, sisili, kapar.
http://tabloidresep.com/wp-content/uploads/2013/12/detail-PRY-SA-copy-sayur-rebung-bersantan-MMI.jpg



http://tabloidresep.com/wp-content/uploads/2013/12/detail-PRY-SA-copy-sayur-rebung-bersantan-MMI.jpg
  • Ciri Khas Upacara Tiwah

Adat istiadat Suku Dayak Upacara Tiwah Adat Istiadat Suku Dayak. Suku dayak adalah suku asli Kalimantan yang hidup berkelompok yang tinggal di pedalaman. Tiwah merupakan upacara yang dilaksanakan untuk pengantaran tulang orang yang sudah meninggal. Upacara tiwah adalah upacara yang biasanya digelar atas seseorang yang telah lama dikubur yang tersisa dari jenazah nya yang diperkirakan hanya tulangnya saja. Ritual ini bertujuan sebagai ritual untuk meluruskan perjalanan roh atau arwah yang bersangkutan menuju Lewu Tatau (Surga).
http://centralborneo.net/home/wp-content/gallery/tiwah/tiwah230510.jpg
http://centralborneo.net/home/wp-content/gallery/tiwah/tiwah230510.jpg



Tidak ada komentar:

Posting Komentar